Kabel VGA atau HDMI : Mana yang tepat untuk Projector anda?

Dewasa ini perkembangan teknologi semakin komplek, dengan munculnya berbagai  standar koneksi peralatan. Juga instalasi peralatan yang mengharuskan peralatan diletakkan pada jarak yang cukup bagus / jauh dari Projector, maka jarak menjadi pertimbangan utama dalam menentukan teknologi yang dipilih khususnya kabel.

Setidaknya ada 2 pilihan ketika memilih kabel sebagai koneksi Notebook / Laptop kita.  Kabel VGA dan Kabel HDMI.

Perbedaan pokok pada keduanya terletak pada sinyal yang ditransmisikan.  Kabel VGA  memakai sinyal analog sedangkan Kabel Hdmi memakai sinyal digital.

Sebagai tambahan, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih kabel untuk koneksi notebook / laptop ke Projector.

  1. Jarak

Untuk yang  dekat kabel VGA masih menjadi pilihan. Namun bisa juga tetap memakai HDMI, tentu ada cost lebih karena kabel HDMI masih sedikit lebih mahal Sedangkan untuk jarak jauh HDMI dengan fiber lebih baik.

  1. Dukungan untuk peralatan masa depan

Walaupun kabel VGA masih mendukung koneksi peralatan sekarang. Namun perkembangan teknologi digital yang semakin pesat dan cepat telah mengubah teknologi pendukungnya. Kita juga melihat munculnya peralatan Smart Video, TV berbasis digital dan internet. Maka mau tidak mau kita mesti pertimbangkan kabel yang mendukung resolusi  tinggi seperti 4K bahkan 8K.

  1. Cermati Spesifikasi Kabel

Kabel dibuat mengikuti sejumlah syarat-syarat teknis sehingga menjamin koneksi yang terjadi dapat berjalan dengan baik dengan demikian kualitas gambar dan suara yang dihasilkan juga bagus. Kabel dari merk yang baik akan memberikan spesifikasi kabel yang diproduksinya secara lengkap dan jelas.

  1. Lakukan Testing Kabel

Penting sekali untuk memastikan kabel yang kita akan pakai instalasi selalu ditest terlebih dahulu. Kabel dari merk yang baik pasti memperhatikan kualitas produknya. Bahkan memberikan pilihan untuk mengganti jika ada masalah dalam tenggang waktu tertentu.

Demikian sekilas beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila kita akan memilih kabel khususnya kabel VGA atau kabel HDMI.  Untuk lebih mengenal produk kabel dari BriteCable silahkan cek https://shop.britescreenindonesia.com/products/category/cable . Anda juga dapat melakukan pembelian langsung disana.  Semoga bermanfaat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Provided Hosting by Joglo IT Center